Dinas mempunyai tugas membantu bupati melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada kabupaten, yang terbagi dan terinci secara sistematis ke dalam tugas sekretaris, masing-masing bidang, subbagian dan seksi.

Dinas dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud menyelenggarakan fungsi :

perumusan kebijakan teknis di bidang kesehatan;

pelaksanaan kebijakan di bidang kesehatan;

pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang kesehatan;

pelaksanaan administrasi dinas di bidang kesehatan; dan

pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Kepala dinas sebagaimana dimaksud, mempunyai tugas memimpin, mengoordinasikan, memberikan arahan dan petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas kesehatan yang menjadi kewenangan daerah.

Sekretariat dinas dipimpin oleh sekretaris dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala dinas

Sekretariat dinas mempunyai tugas menyelenggarakan urusan umum, kepegawaian, perlengkapan, pengelolaan keuangan, penyusunan program, evaluasi dan pelaporan dinas yang terbagi dan terinci secara sistematis ke dalam tugas masing-masing subbagian

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, sekretariat dinas menyelenggarakan fungsi :

penyusunan perencanaan dinas;

penyelenggaraan urusan umum dan perlengkapan dinas;

penyelenggaraan urusan kepegawaian dinas;

penyelenggaraan urusan keuangan dinas;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang perencanaan, umum dan perlengkapan, kepegawaian, dan keuangan dinas;

pelaksanaan pembinaan administrasi dan aparatur pada subbagian penyusunan program dan keuangan, dan subbagian umum dan kepegawaian; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh kepala dinas

Subbagian keuangan dan perlengkapan dipimpin oleh kepala subbagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada sekretaris dinas.

Subbagian keuangan dan perlengkapan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan dan perlengkapan dinas

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, subbagian keuangan dan perlengkapan menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja subbagian keuangan dan perlengkapan;

penyelenggaraan urusan keuangan dan perlengkapan dinas;

pelaksanaan pengadministrasian barang;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan subbagian pengelolaan keuangan dan perlengkapan dinas; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

Subbagian umum dan kepegawaian dipimpin oleh kepala subbagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada sekretaris dinas.

Subbagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan urusan umum dan kepegawaian dinas.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, subbagian umum dan kepegawaian menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja subbagian umum dan kepegawaian;

penyelenggaraan urusan umum dan kepegawaian dinas;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan subbagian umum dan kepegawaian; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Subbagian penyusunan program, evaluasi dan pelaporan dipimpin oleh kepala subbagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada sekretaris dinas.

Subbagian penyusunan program, evaluasi dan pelaporan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan penyusunan program, evaluasi dan pelaporan.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, subbagian penyusunan program, evaluasi dan pelaporan menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja subbagian penyusunan program, evaluasi dan pelaporan;

pengoordinasian penyusunan program dan kegiatan dinas;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan subbagian penyusunan program, evaluasi dan pelaporan; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Bidang pelayanan kesehatan dipimpin oleh kepala bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala dinas melalui sekretaris dinas.

Bidang pelayanan kesehatan mempunyai tugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang pelayanan kesehatan, yang terbagi dan terinci secara sistematis ke dalam tugas masing-masing seksi.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana, bidang pelayanan kesehatan menyelenggarakan fungsi :

perumusan kebijakan teknis dibidang pelayanan kesehatan;

penyusunan program dan kegiatan dibidang pelayanan kesehatan;

penyusunan pedoman dibidang pelayanan kesehatan;

penyelenggaraan kegiatan dibidang pelayanan kesehatan;

pelaksanaan pembinaan administrasi dan aparatur pada seksi pelayanan kesehatan primer dan tradisional, seksi pelayanan kesehatan rujukan dan penjaminan kesehatan, dan seksi mutu pelayanan kesehatan;

pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan bidang pelayanan kesehatan; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Seksi pelayanan kesehatan primer dan tradisional dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang pelayanan kesehatan.

Seksi pelayanan kesehatan primer dan tradisional mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan pelayanan kesehatan primer dan tradisional.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi pelayanan kesehatan primer dan tradisional menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi pelayanan kesehatan primer dan tradisional;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis pelayanan kesehatan primer dan tradisional;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan primer dan tradisional;

penyelenggaraan kegiatan pelayanan kesehatan primer dan tradisional;

penyiapan bahan pengawasan, evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan seksi pelayanan kesehatan primer dan tradisional; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Seksi pelayanan kesehatan rujukan dan penjaminan kesehatan dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang pelayanan kesehatan.

Seksi pelayanan kesehatan rujukan dan penjaminan kesehatan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan pelayanan kesehatan rujukan dan penjaminan kesehatan.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi pelayanan kesehatan rujukan dan penjaminan kesehatan menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi pelayanan kesehatan rujukan dan penjaminan kesehatan;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis pelayanan kesehatan rujukan dan penjaminan kesehatan;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan rujukan dan penjaminan kesehatan;

penyelenggaraan kegiatan pelayanan kesehatan rujukan dan penjaminan kesehatan;

penyiapan bahan pengawasan, evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan seksi pelayanan kesehatan rujukan dan penjaminan kesehatan; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Seksi mutu pelayanan kesehatan dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang pelayanan kesehatan.

Seksi mutu pelayanan kesehatan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan mutu pelayanan kesehatan.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi mutu pelayanan kesehatan menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi mutu pelayanan kesehatan;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis peningkatan mutu pelayanan kesehatan;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan peningkatan mutu pelayanan kesehatan;

penyelenggaraan kegiatan peningkatan mutu pelayanan kesehatan;

penyiapan bahan pengawasan, evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan seksi mutu pelayanan kesehatan; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Bidang kesehatan masyarakat dipimpin oleh kepala bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala dinas melalui sekretaris dinas.

Bidang kesehatan masyarakat mempunyai tugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, yang terbagi dan terinci secara sistematis ke dalam tugas masing-masing seksi.

Dalam melaksanakan tugas, bidang kesehatan masyarakat menyelenggarakan fungsi :

perumusan kebijakan teknis di bidang kesehatan masyarakat;

penyusunan program dan kegiatan di bidang kesehatan masyarakat;

penyusunan pedoman pelaksanaan kesehatan masyarakat;

penyelenggaraan kegiatan di bidang kesehatan masyarakat;

pelaksanaan pembinaan administrasi dan aparatur pada seksi kesehatan keluarga dan gizi dan seksi penyehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga serta seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan bidang kesehatan masyarakat; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Seksi kesehatan keluarga dan gizi dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang kesehatan masyarakat.

Seksi kesehatan keluarga dan gizi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan kesehatan keluarga dan gizi.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi kesehatan keluarga dan gizi menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi kesehatan keluarga dan gizi;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis kesehatan keluarga dan gizi;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan kesehatan keluarga dan gizi;

penyelenggaraan kegiatan kesehatan keluarga dan gizi; dan

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan seksi kesehatan keluarga dan gizi.

Seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang kesehatan masyarakat.

Seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat;

penyelenggaraan kegiatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Seksi penyehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang kesehatan masyarakat.

Seksi penyehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan penyehatan lingkungan dan kesehatan kerja.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi penyehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi penyehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis penyehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan penyehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;

penyelenggaraan kegiatan penyehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan seksi penyehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit dipimpin oleh kepala bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala dinas melalui sekretaris dinas.

Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit mempunyai tugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit, yang terbagi dan terinci secara sistematis ke dalam tugas masing-masing seksi.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana, bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menyelenggarakan fungsi :

perumusan kebijakan teknis di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit;

penyusunan program dan kegiatan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit;

penyusunan pedoman pelaksanaan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit;

penyelenggaraan kegiatan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit;

pelaksanaan pembinaan administrasi dan aparatur pada seksi pencegahan dan pengendalian penyakit, seksi surveilans dan imunisasi dan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan bidang pencegahan dan pengendalian penyakit; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Seksi surveilans dan imunisasi dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit.

Seksi surveilans dan imunisasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan surveilans dan imunisasi.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi surveilans dan imunisasi menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi surveilans dan imunisasi;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis pelaksanaan surveilans dan imunisasi;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan surveilans dan imunisasi;

penyelenggaraan kegiatan surveilans dan imunisasi;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang surveilans dan imunisasi; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit.

Seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan pencegahan dan pengendalian penyakit menular.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular;

penyelenggaraan kegiatan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Seksi pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit.

Seksi pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa;

penyelenggaraan kegiatan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Bidang sumber daya kesehatan dipimpin oleh kepala bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala dinas melalui sekretaris dinas.

Bidang sumber daya kesehatan mempunyai tugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang sumber daya kesehatan, yang terbagi dan terinci secara sistematis ke dalam tugas masing-masing seksi.

Dalam melaksanakan tugas, bidang sumber daya kesehatan menyelenggarakan fungsi :

perumusan kebijakan teknis di bidang sumber daya kesehatan;

penyusunan program dan kegiatan di bidang sumber daya kesehatan;

penyusunan pedoman pelaksanaan di bidang sumber daya kesehatan;

penyelenggaraan kegiatan di bidang sumber daya kesehatan;

pelaksanaan pembinaan administrasi dan aparatur pada seksi fasilitas pelayanan kesehatan, seksi kefarmasian dan seksi pengembangan Sumber Daya Manusia Kesehatan;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan di bidang sumber daya kesehatan; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Seksi kefarmasian dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang sumber daya kesehatan.

Seksi kefarmasian mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan kefarmasian.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi kefarmasian menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi kefarmasian;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis kefarmasian;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan kefarmasian;

penyelenggaraan kegiatan kefarmasian;

pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan seksi kefarmasian; dan pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Seksi fasilitas pelayanan kesehatan dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang sumber daya kesehatan.

Seksi fasilitas pelayanan kesehatan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan fasilitas pelayanan kesehatan.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi fasilitas pelayanan kesehatan menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi fasilitas pelayanan kesehatan;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis penyelenggaraan dan pengelolaan fasilitas pelayanan kesehatan;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan dan pengelolaan fasilitas pelayanan kesehatan;

penyelenggaraan kegiatan penyelenggaraan dan pengelolaan fasilitas pelayanan kesehatan; dan pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan penyelenggaraan dan pengelolaan fasilitas pelayanan kesehatan.

Seksi pengembangan sumber daya manusia kesehatan dipimpin oleh kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang sumber daya kesehatan.

Seksi pengembangan sumber daya manusia kesehatan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan pengembangan sumber daya manusia kesehatan.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi pengembangan sumber daya manusia kesehatan menyelenggarakan fungsi :

penyusunan rencana kerja seksi pengembangan sumber daya manusia kesehatan;

penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang pengembangan sumber daya manusia kesehatan;

penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan di bidang pengembangan sumber daya manusia kesehatan;

penyelenggaraan kegiatan di bidang pengembangan sumber daya manusia kesehatan; dan pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pengembangan sumber daya manusia kesehatan.

Unit pelaksana teknis dinas dipimpin oleh kepala unit pelaksana teknis dinas yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada kepala dinas dan secara operasional dikoordinasikan oleh camat.

Fungsi, rincian tugas, dan tata kerja unit pelaksana teknis dinas diatur dalam peraturan bupati tentang pembentukan unit pelaksana teknis.

Kelompok jabatan fungsional berada dibawah dan bertanggung jawab kepada kepala dinas, dan terdiri dari sejumlah tenaga fungsional yang dipimpin oleh tenaga fungsional senior yang ditunjuk.

Kelompok jabatan fungsional sebagaimana dimaksud, mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dinas sesuai dengan kebutuhan dan keahlian masing-masing.